Mencium Hajar Aswad hukumnya adalah sunnah. Hal-hal yang mesti dipersiapkan yang semoga dapat berhasil mencium hajar aswad adalah :

  1. Bersihkan niat semurni-murninya.
  2. Lakukan taubat dengan ikhlas.
  3. Berdoa kepada Allah untuk kesempurnaan pelaksanaan rukun dan syarat haji
    mohon dimudahkan dapat melakukan seluruh hal yang sunnah haji, termasuk mencium hajar aswad.
  4. Tanamkan tekad dan selalu siaga agar tidak melakukan hal-hal yang membatalkan thowaf ataupun ibadah haji.
  5. Berdzikir selalu, jangan biarkan pikiran melantur kemana-mana.
  6. Berserah diri dan pasrah sebenar-benarnya kepada Allah
  7. Hilangkan rasa sombong, iri, ketakutan, kekhawatiran, dsb.
  8. Harus sehat dan kenakan celana panjang (untuk perempuan pun jika memakai jubah, dalamnya harus menggunakan celana panjang).
  9. Jangan membawa barang yang berlebihan, secukupnya saja untuk beribadah di masjid.
  10. Jika memungkinkan, dilakukan malam hari antara 01.00 – 03.00, karena banyak jamaah yang tidur. Tapi sebenarnya pada hakikatnya jika Allah menghendaki maka terjadilah. Sehingga benar-benar pasrah dan jadikan Allah satu-satunya tempat Penolong dan tempat bergantung. Karena dari pengalaman saya, dengan kondisi berthowaf sendirian perempuan pula, pada jam 9 pagi pun di saat penuhnya jamaah haji melakukan thowaf, tetap dapat mencium hajar aswad. Alhamdulillah.. Subhanallah.. Allohu Akbar..
  11. Ketika mendekati hajar aswad, dan bahkan sebelum melewati rukun yamani, sedapat mungkin merapat ke dinding kabah.
  12. Berjalanlah dengan santai, tidak perlu terburu-buru, sambil terus berdoa dan berdzikir.
  13. Tidak menyakiti orang lain saat berdesakan, tetaplah santai, dan bahkan jika bisa persilahkanlah orang lain lebih dulu, jika sikon masih sangat berdesakan. Ini pengalaman saya, karena saya takut bersentuhan dengan yang bukan muhrim ketika antri, maka saya mempersilahkan yang lain lebih dulu. Tapi hasilnya malah orang-orang lain (para ikhwan) mempersilahkan saya terlebih dulu untuk mencium hajar aswad (padahal saya perempuan sendirian), dan alhamdulillah.. akhirnya berkah itu tiba.. terciumlah hajar aswad, dengan kehangatannya, dicium penuh khusyu, doa dan harapan kepada Allah semata. Subhanallah.. Alloohu Akbar..
  14. Saat berhasil mencium, segera berteriak Alloohu Akbar.. Jangan sampai mendewakan hanya sebuah batu hitam. Allah tetap tujuan kita. Setelah itu, hal yang penting pula.. jika tidak maka akan terjadi kecelakaan, yaitu membungkuklah dan berjalan mundur, sehingga dapat melewati desakan orang dari belakang.

Selamat Mencoba!