Sekadar info, berdasarkan pengalaman untuk yang kloter awal (kurang lebih hingga hari ke 5 dari jadwal kloter pertama terbang), sepertinya lebih murah tukar di Madinah daripada tukar di Indonesia.

Begitu tiba di Madinah, segera tukar. Lebih dari hari itu, harga riyal sama dengan di Indonesia. O ya, uang rupiah baru dan lama beda harganya. Entah kenapa?Padahal di Indonesia, di mana sebelum musim haji, harga 1 SR berkisar antara Rp. 2500- Rp. 2700 saja. Tapi ketika sudah musim haji, 1 SR bisa Rp. 2900,-. Lebih murah lagi jika yang ditukar ke SR (Saudi Riyal) adalah dalam bentuk dollar US, bukan rupiah. Di saat sudah puncaknya orang berdatangan ke tanah suci, SR dimana-mana menjadi mahal.

Harga bervariasi:
Tetap ada yang Rp. 2750 (di sekitar pasar seng dan depan RS Ajyad). Tapi jangan di Hotel Hilton, karena mahal. Tapi, sebagai perbandingan dengan tukar dollar US, jika di ke rupiah-kan berarti 1 SR masih bisa mendapat sekitar Rp. 2600 saja.Jadi, sahabat hitung-hitung saja, jika bawa uang tambahan lebih baik mata uang mana, dan lebih nyaman yang mana.

http://pusat-haji.blogspot.com/