Berdasarkan info sana-sini, akhirnya saya mendata perlengkapan yang akan mendukung pelaksanaan haji di sana. Perlengkapan ini tentu benar-benar berdasarkan kebutuhan pribadi, dan bisa berbeda antar individunya. Barangkali berguna, berikut data persiapan barang yang saya rencanakan akan dibawa yaitu :

1. Sleeping bag kecil, untuk persiapan tidur di alam terbuka. Sementara teman-teman lain ada yang membawa tikar/karpet, tapi juga selimut. Karena saya ingin yang praktis dan bisa memenuhi semua kebutuhan saya dengan tepat (saya tidak kuat dingin), maka saya memutuskan untuk membawa sleeping bag yang kecil.
Dan juga untuk persiapan bertarwiyah. Walau belum jelas, tapi semangat saya tetap akan tarwiyah, entah dengan siapa. Allah Maha Tahu. Semoga Allah Mengabulkan. Amin.

2. Rice cooker kecil. Jika bertipe seperti saya yang tidak mau masak, sepertinya bawa rice cooker ini akan sia-sia:). Di luar maktab (penginapan), ternyata banyak yang menjual nasi beserta lauknya. Bahkan jika seperti saya yang ragu makan ayam/daging, maka ikan, telor, tahu, hingga bala-bala pun (bakwan) tersedia di sana. Semuanya hanya berharga 1 SR saja ;).

3. Teko pemanas air yang kecil. Alat ini berguna sekali untuk saya yang tidak mau masak. Berguna untuk minum susu/energen/buat mie/pop mie.
4. Setrika kecil.
5. Termos kecil. Berdasarkan pertimbangan agar dapat menyimpan air panas. Tidak perlu terus merebus air di teko pemanas ketika butuh air panas. Atau untuk makan pop mie (karena keraguan saya terhadap per-daging-an tsb) dibawa ketika hajian di mina/arafah.
Tapi .. ternyata, utuh. Tidak terpakai :(. Teko pemanas (pada point 4) ternyata sudah sangat efektif. Alat itu sangat cepat membuat air mendidih (+- 2/3 menit saja) dan praktis, serba guna. Di tanah Arab pun banyak yang jualan, seharga 20 SR, kalau tidak salah ingat :).

6. Bawa HP, tapi saya sengaja tidak mendaftarkan nomor saya di Indonesia agar bisa dipakai di Arab. Menurut data, biaya per callnya sangat mahal, bila dibandingkan beli nomor Arab di sana. Maka saya berniat akan beli simcard SAWA saja. Menurut Info, SAWA adalah operator yang terbaik.

7. Untuk baju, saya membawa baju putih semua. Alhamdulillah terpakai semua, tanpa saya harus bingung karena menunggu kering atau belum tercuci. Sebab semuanya putih, bisa dipakai untuk kapan saja :).

Demikian perlengkapan barangnya. Semoga berguna untuk teman-teman :).

Wassalam
Didik Aprianto